Pemdes Menang Canangkan Désa Bersinar ,Upaya Cegah Ancaman Narkoba Masuk Désa - .

Breaking

Cari Berita

10.3.23

Pemdes Menang Canangkan Désa Bersinar ,Upaya Cegah Ancaman Narkoba Masuk Désa


KLIKAENEWS.COM| PONOROGO - Upaya menanggulangi,mencegah serta dalam rangka memperkuat daya tahan terhadap bahaya dan ancaman peredaran narkoba bagi generasi muda desa, Pemerintah Desa Menang Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo bekerjasama dengan  Polsek Jambon, dan lembaga swadaya Masyarakat  Granat( gerakan anti narkotika) Kabupaten Ponorogo mengadakan sosialisasi Desa Bersinar ( Bersih Narkoba) dan kambtibmas, Jumat,10 Maret 2023.


Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba saat ini tidak hanya di perkotaan tetapi sudah merambah hingga pelosok desa. Bahkan kecenderungannya, sebagian besar penyalahgunaan justru terjadi di desa, baik dari masyarakat sendiri maupun pemerintah desa tidak luput dari permasalahan narkoba.


Desa Bersinar adalah salah satu upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di tingkat Desa yang dikelola secara mandiri oleh pemerintah Desa bersama dengan masyarakat Desa, yang memiliki tujuan meningkatkan pendampingan masyarakat Desa dalam penyelenggaraan fasilitas Desa Bersih Narkoba yang di kelola secara partisipatif, terpadu dan berkelanjutan berbasis pendayagunaan sumberdaya di Desa.


Briptu Putra Bayu, salah satu pemateri dari Polsek Jambon memberikan materi terkait Harkamtibmas dimana Harkamtibmas adalah bagian dari Kamtibmas swakarsa dalam penegakan hukum dalam menciptakan lingkungan bersih dari tindak penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di desa.

Briptu Putra Bayu, berharap  dengan di optimalkan Harkamtibmas menjadi hal efektif menurunkan prevalensi tingkat penggunaan narkoba sekaligus mempersempit potensi kerawanan kriminalitas.

Berdasarkan data dari Januari hingga 4 Februari 2023 polres Ponorogo berhasil mengungkap 11 kasus narkoba.


Agung Nugroho,SH dari LSM Granat Ponorogo menyampaikan bahwa pihaknya selalu siap terlibat dalam segala upaya P4GN (
Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) di Kabupaten Ponorogo


Agung mengungkapkan, berdirinya Granat di Ponorogo didorong oleh rasa keprihatinan masyarakat akan maraknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kabupaten Ponorogo. 

Lanjut Agung, tingkat penyalahgunaan  begitu marak dan desa menjadi target peredaran narkoba.Untuk itu pihaknya berinisiatif mengadakan sosialisasi di lingkungan pemerintah desa dengan bersinergi bersama Polres Ponorogo bekerjasama dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pemerintah Desa  dalam program P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) untuk menciptakan lingkungan Desa yang bersih dari tindak penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.


H.Imam Tamami,S.Sos,Kepala Désa Menang kecamatan Jambon, Kabupatèn Ponorogo menyampaikan bahwa Narkoba adalah ancaman bangsa, pemerintah desa tidak dapat bekerja sendiri, mengatasi hal tersebut. Mari kita lawan  narkoba untuk masa depan generasi kita. 

"Kuatkan desa menuju Ponorogo hebat jauhkan dari ancaman paham narkoba dan prekusor narkotika lainnya," Tegas Kades Imam,Selasa (10/3).

Imam Tamami melanjutkan desa Bersinar,  merupakan upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di tingkat desa yang dikelola secara mandiri oleh pemerintah desa.( zam)