Sederet Prestasi Mentereng Warnai Pembukaan Grebeg Suro 2023 - .

Breaking

Cari Berita

13.7.23

Sederet Prestasi Mentereng Warnai Pembukaan Grebeg Suro 2023

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko bersama Wakil Bupati Lisdyarita ketika menabuh gendang dan memainkan angklung sebagia tanda pembukaan Grebeg Suro 2023, Minggu (9/7/2023).

KLIKAENEWS.COM
|Ponorogo -Pukulan gendang Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan ayunan angklung Wakil Bupati Lisdyarita menandai pembukaan Grebeg Suro 2023, Minggu (9/7/2023) malam. Di panggung utama Alun-Alun Ponorogo yang ditata megah dengan tata lighting menarik itu juga secara resmi dibuka Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) XXVIII dan Festival Reog Remaja XIX.


Sederet prestasi mentereng mewarnai gelaran Grebeg Suro tahun ini. FNRP menempati urutan kedua Top-10 Kharisma Event Nusantara (KEN) dari 110 unggulan event-event berkualitas di Indonesia pada 2023. Bersamaan itu, Reog Ponorogo resmi masuk daftar persidangan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) untuk Warisan Budaya Takbenda (WBTb) yang akan berlangsung 2024.


Bupati Sugiri Sancoko mengungkapkan pula peran Monumen Reog Ponorogo dengan museum peradaban yang ikut menjamin kelestarian budaya adi luhung ini. Suara Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko—sempat bergetar ketika secara resmi membuka Grebeg Suro dan FNRP serta Festival Reog Remaja. ‘’Kami ingin ekonomi meningkat, rakyat sejahtera, serta Ponorogo naik kelas karena PAD dan UMKM tumbuh,’’ katanya.


Kang Bupati juga menginginkan kualitas pendidikan meningkat bersamaan pembangunan infrastruktur. Dengan masa kepemimpinan yang tidak genap empat tahun, Kang Bupati meyakini Ponorogo Hebat dengan Bergandeng Erat dan Bergerak Cepat. ‘’Capaian selama ini berkat dukungan seluruh masyarakat Ponorogo,’’ jelasnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo Judha Slamet Sarwo Edi kembali menekankan adanya transmisi untuk melestarikan reog sebagai warisan budaya. Pihaknya sengaja mengkategorikan festival reog dewasa, festival reog remaja, dan festival reog anak. ‘’Juga reog wayang golek yang menceritakan kesenian ini ke anak usia dini,’’ terangnya.


Menurut dia, FNRP diikuti 29 grup reog dari sejumlah daerah termasuk luar pulau. Sedangkan Festival Reog Remaja diikuti 19 peserta. Pembukaan Grebeg Suro 2023 berlangsung meriah dengan penampilan penari dari SMAN 12 Surabaya dan Satria Bumi Pala dari Temanggung, serta pertunjukan Reog Ponorogo. Hadir dalam acara itu Kepala Bakorwil I Madiun R. Heru Wahono Santoso, jajaran Forkopimda, pimpinan dan anggota DPRD Ponorogo, serta para kepala organisasi perangkat daerah. (kominfo/*)