Kekayaan Motif Batik Tulis Saji Khas Pacitan: Tradisi yang Terus Hidup - .

Breaking

Cari Berita

1.9.23

Kekayaan Motif Batik Tulis Saji Khas Pacitan: Tradisi yang Terus Hidup


KLIK AE NEWS.COM
|Pacitan-Batik Tulis Saji dari Pacitan memiliki kekhasan yang sangat kaya, terutama dalam motif-motif yang memperlihatkan identitas lokal “Pace Pacitan.” Batik ini menonjolkan konsep pewarnaan alami yang beragam dan cemerlang, menciptakan perpaduan antara nuansa klasik dan modern. Salah satu motif yang menjadi unggulan dari Batik Tulis Saji adalah motif “Wayang Beber,” yang tetap populer hingga hari ini. Selain itu juga ada motif menarik yang bernuansa budaya Pacitan.

Batik Tulis Saji Khas Pacitan memiliki akar tradisi yang telah ada turun-temurun di Desa Sukoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan. Sentra pembatikan ini telah diwariskan dari generasi ke generasi, menjadikannya sebuah lingkungan budaya yang berharga dan autentik.

Bapak Samsuri  pemilik gerai Batik Saji Pacitan menjelaskan kepada jurnalis Prabangkaranews.com bahwa harga produk Batik Tulis Saji bervariasi, dimulai dari 150.000 hingga 850.000 rupiah. Ini memberikan kesempatan bagi berbagai kalangan untuk mengakses kekhasan Batik Tulis Saji yang memiliki sentuhan klasik dan modern.

Bagi mereka yang ingin merasakan kekhasan Pacitan secara langsung, diundang untuk mengunjungi Batik Saji Sukoharjo di Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Di sana, Anda dapat menemukan berbagai ragam Batik Tulis Saji yang menggambarkan keindahan dan keunikan budaya lokal Pacitan. (Hendriyanto)