Tingalan Dalem Jumenengsn Yang Ke- 20 di Gelar Keraton Surakarta Hadiningrat - .

Breaking

Cari Berita

7.2.24

Tingalan Dalem Jumenengsn Yang Ke- 20 di Gelar Keraton Surakarta Hadiningrat


KLIK AE NEWS.COM
,SURAKARTA – Kraton Surakarta Hadiningrat menggelar perayaan Tingalan Dalem Jumenengan atau Ulang Tahun Naik Tahta Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS Pakubuwono XIII yang ke-20. Upacara ini diadakan pada Hari Selasa, 6 Februari 2024 di Kagungan Dalem Sasana Sewaka Karaton Surakarta Hadiningrat.


Perayaan ini dilakukan setiap tanggal 25 Rajab menurut kalender Jawa. SISKS Pakubuwono XIII telah menjadi raja Kraton Kasunanan Surakarta sejak tahun 2004, dan tahun ini adalah tahun ke-20 beliau berkuasa.Tinggalan Dalem Jumenengan merupakan upacara adat yang sakral .

Upacara Tingalan Dalem Jumenengan berlangsung selama hampir 3 jam, dimulai dengan Tari Bedhaya Ketawang yang menjadi ciri khas dari perayaan ini. Tari Bedhaya Ketawang merupakan tarian sakral yang hanya ditampilkan setiap tahun sekali pada saat upacara Tingalan Dalem Jumenengan. Tari ini ditarikan oleh 9 wanita yang masih suci, dan menggambarkan hubungan asmara antara Kanjeng Ratu Kidul dengan Raja Mataram, Panembahan Senopati.


Perayaan Tingalan Dalem Jumenengan tahun ini dihadiri oleh ratusan abdi dalem dari berbagai daerah serta beberapa kerabat Keraton Surakarta. Salah satu kerabat Keraton Surakarta, KP Eddy Wirobuhumi, menyampaikan bahwa tahun ini lebih banyak dihadiri oleh kerabat Keraton sendiri, dengan sekitar 300 tamu undangan. Tidak banyak undangan pejabat negara yang diundang karena mereka sedang sibuk menuju pesta demokrasi.


Pewarta: Fauzi Nanda S (Usahid Surakarta)


Editor : M Rafid