Désa Sidomulyo Potensial Menjadi Desa Wisata, Pembangunan Karakter Masyarakat Dipersiapkan - .

Breaking

Cari Berita

19.3.23

Désa Sidomulyo Potensial Menjadi Desa Wisata, Pembangunan Karakter Masyarakat Dipersiapkan


AENEWS9.COM
| PACITAN-Karakter masyarakat harus dibangun untuk mempersiapkan potensi Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, menjadi Desa Wisata di Kabupaten Pacitan. Masyarakat Desa akan siap terlebih dahulu karakter sebagai Desa Wisata.


Pertemuan di Warung Soto Gerabah, Sabtu (18/3/2023), Sekdes Sidomulyo menjelaskan semua potensi Desa yang menunjang master plan Desa menjadi Desa Wisata.  Perlu adanya sebuah komitmen dari semua pihak untuk mewujudkan, keinginan masyarakar Desa Sidomulyo untul berinovasi dengan memenfaatkan semua potensi alam yang ada.


Anugerah terindah dari Tuhan Yang Maha Kuasa harus dimanfaatkan oleh warga Desa Sidomulyo dalam meningkatkan kesejahteraan warga Desa.  Potensi wisataa alam pantai yang indah, sumber mata air  yang menunjang keberadaan sungai tidak kering airnya saat musim kemarau, potensi tanaman kelapa, peternakan, tambak udang,  ikan laut  harus dimanfaatkan dengan maksimal.  Masyarakat sebelumnya harus dibekali pengetahuan yang cukup agar siap menjadikan Desa Sidomulyo menjadi Desa Wisata, di Pacitan.



Potensi wisata alam yang belum dikelola sebagai berikut; Pantai Watu Papak, Pantai Soge, Pantai Siwil, Watu Murep, Pantai Kuntul, Pantai Padon Ayam. Selain itu ada potensi sungai dan goa yang belum diekspos. Hal tersebut akan menunjang sebagai salah satu Desa Wisata.


Sekdes menjelaskan semua potensi Desa sudah dilimpahkan pengelolaannya kepada BUMDes Rejo Mulyo  yang saat ini baru Pantai Soge yang telah menyumbang PAD Desa 2021 sejumlah 114 juta, meningkat tahun 2022 menjadi 154 juta.


Sekdes menjelaskan saat ini BUMDes telah berkembang di Desa Sidomulyo.  BUmdes telah dinaungi dengan Perdes Desa Sidomulyo  dengan menyerahkan pengelolaan semua  potensi wisata alam, sumber daya dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Desa,” tutup  Sekretaris Desa. (*)