Pertunjukan Seni Dongkrek dan Reyog Meriahkan Acara Sedekah Bumi Kelurahan Pandean - .

Breaking

Cari Berita

1.9.23

Pertunjukan Seni Dongkrek dan Reyog Meriahkan Acara Sedekah Bumi Kelurahan Pandean


KLIK AENEWS.COM
| Madiun-Ribuan masyarakat tumpah ruah memadati area punden atau sendang dengan membawa berbagai perlengkapan hasil sedakah bumi dalam rangka memeriahkan acara bersih desa di Kelurahan Pandean, Kecamatan Mejayan, Kabupatèn Madiun,Jumat (1/09/2023).


Kegiatan bersih desa itu diawali dengan pengajian umum pada malam hari sebelumnya dan   dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh sesepuh desa di punden.Selanjutnya dilanjutkan Kirab kesenian dongkrek dan pagelaran seni reyog mengelilingi wilayah Kelurahan Pandean dan puncak acara pada tanggal 9 dan 10 /09/ 2023 digelar panggung gembira dan Jalan sehat bersama.



Ageng Kurnia Wijayanto selaku Lurah Pandean mengatakan bahwa acara bersih desa ini merupakan tradisi masyarakat Kelurahan Pandean yang setiap tahun dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur, dihindarkan dari segala bencana, serta melestarikan warisan budaya nenek moyang Kelurahan Pandean. 


“Pada HUT ke 78 Indonesia ini kita masih diberi hidayah dan kesehatan. Semoga masyarakat Kelurahan Pandean selalu menjaga tradisi dari leluhur dan masyarakat Kelurahan Pandean tetap cinta Indonesia,” ujarnya.


”Saya mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Kelurahan Pandean serta seluruh elemen warga Pandean yang sudah berjibaku bersama membangun kebersamaan sampai terselengaranya acara ini,” pungkas Ageng.


Acara semakin meriah ketika  kesenian reyog Ponorogo dan seni dongkrek tampil menghibur masyarakat.Kegiatan ini bagian upaya terus melestarikan kesenian dongkrek dan mengenalkan sebagai kesian asli Mejayan (*/red)