Bangun Saluran Drainase Upaya Pemdes Tambakmas Perpanjang Umur Jalan Desa - .

Breaking

Cari Berita

9.4.24

Bangun Saluran Drainase Upaya Pemdes Tambakmas Perpanjang Umur Jalan Desa

Kades Tambakmas,Sugeng Wibowo,SE Di lokasi proyek Drainase 

KLIK AENEWS.COM
, Madiun- Antisipasi banjir saat musim penghujan, Pemdes Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun prioritaskan bangun drainase yang berada di Dusun Tambakmas RT 27/ RW 02 melalui Dana Desa 2024.

Keberadaan drainase itu penting untuk menampung air yang kerap meluap dijalan di waktu musim hujan.


Dengan dibangunnya saluran drainase yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2024 sebesar Rp.85.717.000  diharapkan bila musim hujan tiba genangan air yang biasa nampak di wilayah tersebut dapat diatasi.


‘’Pembangunan drainase ini berdasarkan keputusan bersama dalam musyawarah desa dan menelan anggaran Rp.85.717.000 dan panjang drainase 100meter lebar 0,6 cm "ujar Kades Sugeng Wibowo,S.Pd,Jumat,5/4/2024.


Sugeng Wibowo melanjutkan Pembangunan drainase di lingkungan dusun Tambakmas RT 27/ RW 02 ini salah satu prioritas usulan warga dan pengerjaannya juga melibatkan warga.



Sugeng Wibowo berharap adanya drainase yang dibangun ini dapat  membuat umur jalan desa lebih lama karena tidak tergenang air. Sebab genangan air pada jalan bisa menyebabkan aspal cepat rusak. 


‘’Pembangunan drainase tersebut penting agar tidak memicu genangan air di jalan yang berakibat rusaknya jalan, ‘’ungkapnya.


Selanjutnya pembangunan drainase tersebut bisa menyelesaikan dua persoalan di desanya. Pertama,  untuk kelancaran saluran air di permukiman penduduk yang kedua menata lingkungan agar bersih dan indah dipandang serta menjadikan lingkungan bersih dan jauh dari penyakit, sehingga dapat terwujud kualitas hidup bagi warganya.


”selain mencegah genangan air waktu musim hujan, juga sebagai tata kelola lingkungan sehingga lingkungan bisa bersih dan jauh dari penyakit yang dapat meningkatkan kwalitas hidup warganya.


Dirinya berpesan, saat infrastruktur telah terbangun nanti, masyarakat bisa ikut berpartisipasi untuk selalu menjaga dan merawat, dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, terutama di dalam saluran air. ( Bun)