Posbindu Layanan Unggulan Perawatan Kesehatan Bagi Lansia Di Desa Kwangsen - .

Breaking

Cari Berita

20.5.24

Posbindu Layanan Unggulan Perawatan Kesehatan Bagi Lansia Di Desa Kwangsen


KLIK AENEWS.COM,MADIUN - Kehadiran Posbindu Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Ramah Lansia ditujukan bagi warga yang sudah berusia lanjut atau lansia menjadi salah satu prioritas pembangunan  bagi pemerintah Desa Kwangsen Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun.


Kegiatan Posbindu yang diadakan satu bulan sekali di balai desa ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti hipertensi, diabetes, asam urat yang disebabkan karena pola hidup masyarakat khususnya bagi para lansia.


Kegiatan tersebut langsung ditangani oleh kader Posbindu dibantu bidan desa yang  juga dilaksanakan cek kesehatan meliputi penimbangan berat badan, cek tekanan darah, cek gula, cek asam urat, cek kolesterol. Serta  dapat berkonsultasi tentang keluhan-keluhan yang dialami dan akan diberikan obat serta arahan kepada peserta.Tidak lupa peserta Posbindu Lansia juga mendapatkan PMT dan diajak untuk senam lansia.


Kepala Desa Kwangsen, Joko Santoso mengatakan kegiatan Posbindu adalah satu dari sekian progam unggulan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan khususnya lansia.


" Untuk menjaga kesehatan lansia, Pemdes Kwangsen bekerja sama dengan bidan maupun kader kesehatan mengadakan kegiatan rutin, posyandu lansia, setiap bulan," terang Kades Joko Santoso, Senin,(20/5/2024).


Joko Santoso melanjutkan dalam program kesehatan ini, para lansia diajak melakukan berbagai aktivitas positif. Kegiatan ini terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan lansia secara fisik dan mental.


"Selain mencegah depresi dan membuat badan bugar, posyandu ini juga meningkatkan hubungan sosial,” tuturnya.


Joko berharap, posyandu lansia dapat terus berjalan dan diikuti warga setiap bulannya.


”Diharapkan dengan posyandu lansia ini para lansia bisa produktif. Memperbaiki kesehatan jiwa dan kepercayaan diri,” pungkas Joko.


Pewarta,Zain Mursid /Advetorial.