Posyandu Balita Desa Sambirejo Tingkatkan Kesehatan dan Pertumbuhan Balita dengan Pemberian Makanan Tambahan - .

Breaking

Cari Berita

6.5.24

Posyandu Balita Desa Sambirejo Tingkatkan Kesehatan dan Pertumbuhan Balita dengan Pemberian Makanan Tambahan

Ketua TP PKK Desa Sambirejo,Jiwan,Ny.Etik Heru Purnomo saat memberikan PMT dalam kegiatan Posyandu di dusun 1

KLIKAENEWS.COM
, Madiun, Posyandu Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, rutin menggelar posyandu balita setiap bulan sekali. Posyandu ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi anak balita di Desa Sambirejo.


Posyandu ini biasanya dihadiri oleh ibu-ibu yang membawa anaknya yang berusia di bawah lima tahun dan ibu hamil . Di posyandu ini, anak-anak dan ibu hamil akan diperiksa kesehatannya oleh bidan desa yang di bantu kader posyandu. Selain itu,para ibu serta ibu hamil juga akan mendapatkan penyuluhan tentang kesehatan .


Pada posyandu yang digelar pada Senin (06/05/2024) pagi,di Kasun Satu  sebanyak 25 anak balita dan 5 ibu hamil diperiksa kesehatannya.


Ny.Etik Heru Purnomo  Ketua TP PKK Desa Sambirejo mengatakan bahwa kegiatan posyandu di Kasun 1 yang dilaksanakan hari ini (Senin.6/05/2024) selain pemeriksaan kesehatan rutin bagi balita dan ibu hamil berat yang pertumbuhannya kurang juga pemberian makanan tambahan bagi balita yang mengalami kekurangan berat badan.PMT ini sudah tiga kali dilaksanakan.




" Kegiatan posyandu ini sangat penting untuk meningkatkan kesehatan anak balita di Desa Sambirejo khususnya bagi balita yang mengalami kekurangan berat badan serta ibu hamil berat yang mengalami pertumbuhan kurang"terang Ny.Etik Heru Purnomo.


Lanjutnya menjelaskan, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi balita yang kekurangan berat badan serta ibu hamil berat ini dapat dipantau perkembangannya.Untuk balitanya sekitar 58 hari sedangkan untuk ibu hamil berat dengan pertumbuhan kurang sekitar 70 - 80 hari untuk melihat perkembangannya dahulu.


Kegiatan PMT lokal tersebut  tidak hanya memberikan makanan tambahan saja tetapi disertai dengan edukasi, penyuluhan, konseling gizi dan kesehatan agar dapat mempercepat proses perubahan perilaku ibu dan keluarga dalam pemberian makan yang tepat sesuai dengan umur, penyiapan makanan, pemilihan bahan makanan keamanan pangan. 


Untuk penyediaan PMT  kader posyandu dilibatkan  dalam hal ini  yaitu memasak dengan daftar menu yang sudah disediakan oleh Puskesmas bagian gizi  sesuai dengan pedoman yang ada, 


Ny.Etik Heru Purnomo juga menambahkan kegiatan posyandu keliling  rutin digelar setiap awal bulan di Minggu pertama yang mencakup empat dusun.Tujuannya adalah untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak balita, serta memberikan penyuluhan kesehatan kepada ibu-ibu.

Posyandu ini juga menjadi sarana untuk mengumpulkan data serta menyusun program kesehatan anak balita serta ibu hamil di Desa Sambirejo.   


"Kami mengajak seluruh ibu-ibu yang mempunyai balita dan anak-anak di Desa Sambirejo untuk mengikuti posyandu secara rutin agar informasi tentang kesehatan ibu dan anak dapat tersampaikan dengan jelas dan tepat sasaran," tutupnya.


Pewarta : Zain Mursid