Mengenal Tanaman Akar Wangi - .

Breaking

Cari Berita

23.6.21

Mengenal Tanaman Akar Wangi


AENEWS9.COM
|| Serba-Serbi- Akar wangi atau orang sering menyebut serai wangi adalah tanaman sejenis rumput yang berasal dari India.Tumbuhan ini masuk dalam kategori famili Poaceae
 dan masih sekeluarga dengan serai atau Padi.Dengan nama ilmiahnya Chrysopogon zizanioides.

Tumbuhan ini dapat tumbuh sepanjang tahun, dan dikenal banyak orang sejak lama sebagai sumber wangi-wangian.Aroma wangi ini berasal dari minyak Atsiri yang dihasilkan pada bagian akar.

Untuk memanfaatkan akar wangi tersebut biasanya  akar dikeringkan, secara tradisional dikenal sebagai pengharum lemari penyimpan pakaian.

Syarat Tumbuh

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan kualitas minyak akar wangi antara lain keadaan tanah dan iklim.

Keadaan tanah, tanah akar wangi cocok tumbuh ditanah yang berpasir (antosol) atau tanah abu vulkanik di lereng-lereng bukit. 


Pada tanah tersebut pertumbuhan akar wangi akan lebat dan panjang dan akar mudah dicabut. Tanaman akar wangi juga bisa tumbuh di tanah-tanah liat yang banyak mengandung air, namun pertumbuhan perakaran kurang bagus sehingga produksi minyaknya tidak maksimal. 

Akar wangi memerlukan derajat keasaman tanah (pH) sekitar 6-7, pada tanah yang terlalu masam (pH dibawah 5,5) akan menyebabkan tanaman kerdil. Tapi bila tanah terlalu basa menyebabkan garam Mangan (Mn) tidak terserap sehingga bentuk akarnya kurus dan kecil.

Iklim, tanaman akar wangi dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian sekitar 300 - 2.000 meter diatas permukaan laut dan akan berproduksi dengan baik pada ketinggian 600 - 1.500 meter diatas permukaan laut. Tanaman akar wangi memerlukan curah hujan yang cukup yaitu sekitar 140 hari per tahun, sedang suhu yang cocok untuk pertumbuhan tanaman sekitar 17-27 derajat Celcius. 

Akar wangi menyukai sinar matahari langsung, bila ditanam ditempat yang teduh akan berpengaruh terhadap sistem pertumbuhan akar dan mutu minyaknya.

Manfaat 
Sesuai dengan namanya, penggunaan akar wangi tak jauh dengan hal-hal yang berhubungan dengan wewangian. Akar wangi merupakan bahan yang digunakan untuk menghasilkan minyak vetiveria (minyak esensial), yang dibutuhkan dalam industri kosmetik, parfum, serta sabun untuk mandi. 
Akar wangi juga dapat digunakan untuk mengusir serangga .bahkan ramuan akar wangi dapat digunakan sebagai obat kumur serta obat gosok.
Tumbuhan ini merupakan komoditas minor walaupun cukup luas industri yang penggunaan minyaknya untuk wangi-wangian.( red/ dilansir dari berbagai sumber)