Lewat Dana Désa,Pemdes Golan Realisasikan Rabat Jalan Usaha Tani - .

Breaking

Cari Berita

26.9.23

Lewat Dana Désa,Pemdes Golan Realisasikan Rabat Jalan Usaha Tani

Rabat beton JUT Desa Golan melalui Dana Desa upaya peningkatan produktivitas sektor pertanian

KLIK AENEWS.COM| Ponorogo - Upaya meningkatkan kelancaran akses masyarakat dalam menunjang perekonomian khususnya sektor pertanian  di Desa Golan, Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo, Pemerintah Desa (Pemdes)   meningkatkan pembangunan infrastruktur disetiap pelosok terus dilakukan.


Seperti halnya pembangunan yang dibiayai oleh program Dana Desa (DD) tahap tiga Tahun 2023 sesuai perencanaan dan kesepakatan musyawarah Desa,Pemdes Golan melakukan pengecoran/betonisasi jalan usaha tani yang merupakan akses jalan utama dalam mengakut hasil pertanian warga Golan.


Pengerjaan rabat beton Jalan usaha tani,(insert) Kamituwo Senin TPK BJ Desa Golan


Kegiatan pekerjaan ini dilaksanakan Tim Pengelola Kegiatan Barang dan Jasa (TPK BJ) dan masyarakat atau dengan sistim padat karya tunai, sehingga masyarakat dapat mengambil manfaat dari segi ekonominya dan mengurangi kemiskinan desa.


Pembangunan rabat beton Jalan usaha tani sepanjang 350 X 3,6 meter dengan hamparan tulang besi 6mm dengan biaya 130 juta rupiah bersumber dari Dana Desa .


Senin atau biasa akrab dipanggil mbah wo Ginen, Ketua TPK BJ sekaligus Kamituwo Golan menyampaikan bahwa dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat Desa dalam bidang pertanian tentunya harus ada faktor penunjang yang memadai salah satunya pembangunan akses jalan yang dapat menyentuh langsung ke lahan pertanian sehingga memudahkan para petani dalam mengakomodasi hasil pertanian sehingga biaya transportasi lebih ringan, ungkap mbah wo Ginen. Selasa, (26/9).


" Rabat Jalan usaha tani ini sangat dibutuhkan dan memudahkan bagi petani untuk mengangkut hasil panen dari lahan pertaniannya," kata mbah wo Ginen.


Dirinya mengungkapkan pembangunan rabat jalan usah tani di areal persawahan dusun Golan ini bersumber dari Dana Désa tahap tiga dengan anggaran 130 Juta rupiah dengan sistim padat karya tunai.


"Pembangunan JUT ini bisa berdampak positif bagi masyarakat, karena Jalan yang semula rusak dan becek saat musim penghujan, kini sudah bagus,sehingga aktivitas petani dapat lancar dalam mengangkut hasil panen dan menjadi urat nadi masyarakat desa Golan sekaligus menjadi progam ketahanan pangan."tutup mbah wo Ginen. ( Ng)