3 Formasi Jabatan Kosong,Pemdes Kresek Adakan Pengisian perangkat Desa - .

Breaking

Cari Berita

14.12.23

3 Formasi Jabatan Kosong,Pemdes Kresek Adakan Pengisian perangkat Desa

peserta ujian pengisian perangkat desa kresek 

KLIK AE NEWS.COM
|Madiun- Guna mengisi kekosongan sistem kelembagaan dalam pengaturan tugas dan fungsi serta hubungan kerja Pemerintahan Desa dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat, Pemerintah Desa Kresek Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun telah melakukan pengisian perangkat desa Tahun Anggaran 2023.


Ada Tiga formasi jabatan perangkat desa  yang kosong yaitu Kamituwo Brojo, Kamituwo Jatirogo dan Kaur Umum dan Perencanaan.


Pendaftaran calon perangkat desa di buka dari 15-28 November 2023.Pengumuman hasil seleksi administrasi 28 Nopember

Penetapan bakal calon menjadi calon perangkat desa 2 Desember.Sedangkan Ujian tulis diadakan di Balai Desa Kresek,Sabtu (9/12/2023)


Untuk Formasi Kamituwo Brojo 7 peserta dinyatakan lulus semua,sedang untuk formasi Kamituwo Jatirogo ada 9 peserta,dan 1 orang dinyatakan tidak lulus.Dan di formasi Kaur umum dan perencanaan ada 24 peserta, dan 1 orang  dinyatakan tidak lulus.Pada ujian praktek yang diadakan di adakan di gedung SMPN 1 Wungu pada hari Minggu(10/12/2023) 


formasi Kamituwo Brojo ada 7 peserta dinyatakan lulus. Formasi Kamituwo Jatirogo dengan peserta 8 orang , 2 orang tidak hadir dan 6 orang dinyatakan lulus.Sedangkan untuk formasi Kaur umum dan perencanaan dari 23 jumlah peserta, 2 tidak hadir, 21peserta dinyatakan lulus.


Dan dari seleksi ujian pengisian perangkat yang cukup ketat itu dengan hasil akhir tiga nama berhasil lulus ujian yaitu ;Aliva Sukma Wijayanti menjadi Kamituwo Brojo,Saifudin Andrian Kamituwo Jatirogo dan Pujiono sebagai Kaur umum dan perencanaan .

3 peserta ujian yang lulus menjadi perangkat desa kresek( duduk baju batik)


Ditemui di tempat acara Ketua TPPD Kresek,Mulyani, S.Pd menyampaikan pengisian perangkat desa harus sesuai perbub nomor 9 tahun 2020.


"Pengisian perangkat desa harus sesuai Perbub Nomor 9 Tahun 2020," kata Mulyani.


Mulyani melanjutkan adapun materi yang akan diujikan ada 3 tahap yang meliputi ujian tertulis, praktek dan Penilaian administrasi. 

Materi ujian tulis meliputi Pengetahuan agama. Bahasa Indonesia, Matematika dan Pengetahuan umum tentang pemerintahan. Khusus untuk kamituwo ada tambahan materi yaitu tentang kepemimpinan. Dengan jumlah soal 100 dengan nilai maksimal100. Adapun untuk dapat mengikuti ujian praktek   adalah nilai ujian tulis minimal 65.

Untuk ujian praktek terdiri dari Praktek komputer, Praktek pidato, Praktek wawancara.Dan Syarat untuk memperoleh penilaian administrasi adalah nilai ujian praktek minimal 65. Penilaian administrasi yang dimaksud adalah, Ijazah, Pengabdian terhadap Desa.Menambahkan untuk bobot ujian tulis harus 55%, ujian praktek 25% dan administrasi 20%Tidak ada CAT.

"Jadi pelaksanaan ujian ini sangat terbuka,fair dan transparan. setelah tahapan selesai akan diketahui hasilnya. Bagi yang lolos, saya ucapkan selamat dan sukses, bagi yang belum berhasil jangan patah semangat, tetap berusaha, dan tetap menjaga kondusivitas wilayah masing-masing. Pasti masih ada peluang yang lainnya,” bebernya.

Sementara itu Kepala Desa Kresek Mariyono  menyampaikan selamat kepada peserta yang terpilih menjadi perangkat desa Kresek.Dirinya berpesan Bagi yang terpilih untuk bisa bekerja sama dalam ruang lingkup yang baru.Dimana dibutuhkan peningkatan yang maksimal yang mampu mengimbangi tuntutan masyarakat dalam bidang pelayanan serta aspek sumberdaya manusia yang berkualita.


"Selamat bagi peserta yang terpilih menjadi perangkat desaKresek, jalankan tugasmu dengan penuh tanggung jawab dan pengabdian kepada masyarakat,"Pungkas Mariyono



Jurnalis: Zaim Mursid