Dampak Perubahan Aliran Sungai Grindulu Mengancam Lahan Warga Gunungsari, Pacitan - .

Breaking

Cari Berita

15.3.24

Dampak Perubahan Aliran Sungai Grindulu Mengancam Lahan Warga Gunungsari, Pacitan

Sungai grindulu 

KLIKAENEWS.COM
,Pacitan- Sungai Grindulu merupakan sungai yang mengalir di wilayah Kabupaten Pacitan, termasuk di Desa Gunungsari, Kecamatan Arjosari. Kondisi sungai Grindulu saat ini mulai mengkhawatirkan khususnya di wilayah Desa Gunungsari. Hal ini dikarenakan hujan yang menyebabkan banjir di sungai Grindulu perlahan mulai mengabrasi lahan-lahan perkebunan yang berada di daerah pinggir sungai.


Melebarnya sungai Grindulu diawali pada tahun 2017 dimana pada masa itu terjadi banjir besar pertama yang menenggelamkan beberapa pemukiman warga di Pacitan, terkhususnya di Desa Gunungsari., Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan.  Setelah hal itu setiap hujan dengan intensitas rendah dan sungai mengalami banjir maka sedikit demi sedikit lahan di daerah pinggir sungai mulai abrasi ditelan derasnya air sungai.



Sekarang kalau hujan takut banjir dan meluap ke rumah-rumah, karena jarak sungai semakin dekat,” ujar Suluri salah satu warga yang tinggat di dekat sungai Grindulu.


“Hal ini pula yang mengakibatkan berubahnya arah aliran sungai semakin ke arah persawahan dan dekat dengan area pemukiman warga,”jelasnya.


Pada tanggal 9 Maret 2024 terjadi hujan dari pagi hingga sore, hal ini mengakibatkan sungai Grindulu mengalami banjir dan memperbesar dampak abrasi di pinggiran sungai.

“Dulu jarak perkebunan disini rata rata memiliki jarak 100 meter dari pinggir sungai, namun sekarang dari jalan setapak sudah langsung sungai, ” ucap Sunji salah satu warga yang memiliki perkebunan di pinggiran sungai.


Lahan perkebunan yang biasa digunakan untuk menanam rumput gajah yang merupakan pakan ternak, sekarang berubah menjadi tempat pemancingan ikan. Akibat dari hilangnya lahan perkebunan dan semakin sedikitnya lahan untuk menanam rumput gajah.


“Tempat yang dulunya banyak ditanam rumput gajah, kini banyak digunakan warga untuk memancing. Karena sudah berubah menjadi cekungan yang dalam” ujar  Pramono salah satu warga yang sering memancing di sungai.


Pewarta: Dinda Anggi Pravista-PGSD STKIP PGRI (prabangkara news.com)Pacitan