70 Unit Pompa Untuk Petani Ponorogo Dari APBN 2024 Resmi di Serahkan - .

Breaking

Cari Berita

2.7.24

70 Unit Pompa Untuk Petani Ponorogo Dari APBN 2024 Resmi di Serahkan


KLIK AENEWS.COM
, Ponorogo - Pasiter Kodim 0802/Ponorogo Kapten Arm Sutami Pena mewakili Komandan Kodim 0802/Ponorogo Letkol Inf Dwi Soerjono hari ini menghadiri acara Penyerahan Bantuan Pompa Air APBN Tahun Anggaran 2024, Senin (01/07/2024).


Acara yang digelar di gudang Dipertahankan Kab. Ponorogo Jl. Ponorogo – Madiun Desa / Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo tersebut diselenggarakan oleh Dipertahankan (Dinas Pertanian Ketahanan Pangan & Perikanan) Kab. Ponorogo dengan penanggung jawab langsung Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Ponorogo Drs. Supriyanto. MM.


Disampaikan Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Kabupaten Ponorogo Tamar Mahara STP. MMA saat memberi sambutan bahwa bantuan mesin pompa air tersebut merupakan salah satu wujud perhatian Kementerian Pertanian Republik Indonesia kepada para petani khususnya di wilayah Kabupaten Ponorogo dalam upaya penambahan areal tanam.


Dengan bantuan tersebut diharapkan para petani bisa terbantu dalam memenuhi kebutuhan air bagi lahan pertanian sehingga diharapkan indeks pertanamnya dapat meningkat dimana yang awalnya hanya sekali tanam bisa dua kali bahkan lebih.


Dikatakan juga bahwa Program Pompanisasi tersebut diharapkan bisa benar – benar membantu petani khususnya mereka yang sulit mendapatkan pasokan air terutama pada saat musim kemarau tiba, petani sawah yang sedang hujan maupun lahan pertanian dengan kondisi tertentu yang membutuhkan bantuan mesin pompa untuk mengalirkan air.


Sementara Pasiter Kodim 0802/Ponorogo yang mewakili Dandim 0802/Ponorogo pada kesempatan tersebut sangat mengapresiasi menyerahkan pompa air dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan & Perikanan sebanyak 70 unit dimana sebelumnya Kodim 0802/Ponorogo sendiri sebelumyan juga telah menyerahkan pompa air sebanyak 60 unit kepada petani.


“Program Pompanisasi Kementan RI merupakan upaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian dengan menyediakan akses air yang memadai bagi sawah-sawah di daerah kering. Dengan adanya Program tersebut diharapkan dapat membantu petani dalam mengatasi kesuliatan akan air sehingga dapat meningkatkan hasil panen, “ kata Pasiter Kodim 0802/Ponorogo.


serupa sering di sampaikan Komandan Kodim 0802/Ponorogo dalam berbagai forum terkait program pangan di wilayah Kabupaten Ponorogo, dalam kesempatan tersebut Pasiter juga menyatakan siap untuk terus berkomitmen menyukseskan seluruh program Pemerintah dan Komando Atas termasuk salah satunya yaitu program pompanisasi dengan mengerahkan seluruh personel khususnya para Babinsa agar terus menggalang para petani di lapangan sehingga bantuan dari Pemerintah tersebut dapat berdaya guna dan bermanfaat bagi para petani.


Adapun Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang memperoleh bantuan mesin pompa air APBN tahun anggaran 2024 dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan & Perikanan) Kab. Ponorogo yang berjumlah 70 unit tersebut yaitu : Kecamatan Mlarak sebanyak 30 Unit, Kec.Siman 6 Unit, Kec. Bungkal 4 Unit, Kec. Balong 3 unit, Kec. Badegan 2 Unit, Kec. Sawoo 10 Unit serta Kecamatan Sambit mendapat 15 Unit mesin pompa air.(MdC0802)