Kampanyekan Gemarikan Untuk Masyarakat Magetan - .

Breaking

Cari Berita

10.10.18

Kampanyekan Gemarikan Untuk Masyarakat Magetan

Magetan(Aenews9.com)- Bertempat dilapangan Kelurahan Mangkujayan, Kecamatan Magetan,  Pemkab Magetan melalui Dinas Perternakan dan Perikanan(Disnakan) mengadakan acara kampanye  sosialisasi gerakan masyarakat makan ikan ( Gemarikan) Rabu,10/10/2018.

Gerakan ini dicanangkan karena berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) kosumsi ikan warga Kabupaten Magetan termasuk dalam katagori terendah nomor 3 se- Jawa Timur.
Dalam data tersebut, setahun kosumsi ikan tiap warga Magetan hanya berkisar 16 Kg per orang, padahal skala untuk Propinsi Jawa Timur tiap orangnya wajib mengonsumsi ikan sebanyak 25 – 30 Kg per tahun. Bahkan untuk skala Nasional dalam setahun tiap warga indonesia wajib kosumsi ikan sebanyak 45 – 50 Kg per orang.Berdasarkan data yang dihimpun Kasus rendahnya kosumsi ikan warga  Magetan terjadi sejak empat tahun terakhir.
Hal itu juga diakui oleh Bupati Magetan Suprawoto, bahwa Kabupaten Magetan adalah pegunungan dan bukan pesisir, jadi ikan adalah sebagai lauk. Berbeda dengan warga Indonesia timur seperti Papua yang nasi malah seperti menjadi lauk ikan.
“Magetan bukan pesisir, tapi pegunungan, jadi makanan utamanya nasi dan sayur, sedangkan ikan sebagai lauk, kalau warga Indonesai Timur seperti Papua terbalik nasinya sedikit ikannya banyak,” kata Suprawoto Bupati Magetan, Rabu (10/10).
Dengan rendahnya tingkat konsumsi ikan warga Magetan tersebut,PemKab Magetan selalu berupaya meningkatkan kesadaran dan juga pola pikir masyarakat dengan berbagai kegiatan, salah satunya dengan program gerakan makan ikan (Gemarikan ) ini.
“ Kampanye gerakan masyarakat makan ikan atau Gemarikan ini termasuk upaya kita untuk selalu mengingatkan akan pentingnya mengonsumsi ikan kepada masyarakat kartena mempunya nilai gizi yang sangat tinggi,” jelas Suprawoto.

Ditempat yang sama Kustini Kepala Dinas Peternakan dan perikanan (Disnakan) Magetan dalam sambutannya mengatakan
telah melakukan banyak upaya untuk meningkatkan produksi ikan bagi warga Kabupaten Magetan. Diantaranya dengan membentuk kelompok – kelompok pembudidaya ikan dan juga melakukan sosialisasi- sosialisai kepada para kader – kader Posyandu.
” Agar produksi ikan di Kabupaten melimpah,kita punya sekitar 100 kelompok masyarakat (pokmas) pembudidaya ikan disamping itu kita juga kerap melakukan sosialisasi kepada kader – kader posyandu tentang pentingnya kosumsi ikan khususnya usia emas balita,”pungkasnya.

Acara Gemarikan ini juga di meriahkan senam massal yang  diikuti 1.000 peserta dari siswa SMP dan masyarakat serta stand bazar ikan murah dilapangan Kelurahan Mangkujayan, Kecamatan Magetan.(zm)