Rehab Infrastruktur Irigasi Persawahan Katergan,Pemdes Kresek Maksimalkan Dana Desa - .

Breaking

Cari Berita

20.4.23

Rehab Infrastruktur Irigasi Persawahan Katergan,Pemdes Kresek Maksimalkan Dana Desa

Pembangunan Saluran Drainase di areal persawahan Katergan Desa Kresek Kecamatan Wungu Kabupatèn Madiun yang menggunakan Dana desa 2023

KLIKAENEWS.COM| Madiun - Sebagai Desa yang berada di lereng dataran tinggi, Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun mulai melakukan pembenahan infrastruktur pedesaan, seperti halnya pembangunan saluran irigasi persawahan warganya,dengan volume  130 X 0,4 meter yang terletak di dusun Katergan menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran Tahun 2023 sebesar Rp.62.464. 0000. Apalagi pembangunan drainase tersebut merupakan prioritas usulan masyarakat untuk kawasan pertanian persawahan dan perkebunan milik masyarakat .

Kepala Desa Kresek, Mariyono menjelaskan, Pembangunan Drainase sepanjang 130 Meter X0,4 m itu sudah di sepakati bersama masyarakat,dengan proses tahapan musyawarah bersama pemerintah desa.




“ Alhamduliiah tahun Anggaran 2023 kami dari Pemerintah Desa Kresek Kecamatan Wungu mulai membangun drainase yang berada di wilayah perkebunan dan persawahan milik masyarakat di dusun Katerdan.Dan kegiatan ini kita lakukan melalui program kelompok padat karya tunai” Jelas mariyono,Senin(17/04).


“Selain itu, dalam pembangunannya,  Masyarakat kita libatkan dalam hal pembangunan di desa, Sehingga dengan keterlibatan masyarakat dapat menjaga serta ikut mengawasi mutu kualitas bangunan sehingga dapat digunakan secara terus menerus," ungkap Mariyono lagi.


Kades Kresek ini  juga berharap agar apa yang telah dibangun didesa dapat bermanfaat seperti apa yang diharapkan, sehingga kedepan perekonomian masyarakat Desa Kresek terus meningkat seperti apa yang kita harapkan bersama.


Ditempat terpisah Kasun Katergan yang juga bertindak selaku Tim Pelaksana Kegiatan ( TPK ) , Hartatik menyampaikan bahwa pembangunan saluran irigasi areal persawahan katergan itu menjadi prioritas usulan masyarakat dalam Musrenbangdes.


Hartati menjelaskan bahwa saluran irigasi di katergan itu selama ini fungsi saluran irigasinya banyak yang bocor sehingga kawasan sebelah bawah sering mengalami kekurangan air terutama di musim kemarau sehingga menurunnya berdampak pada hasil panen akibat kekurangan air.


"Banyak yang sudah bocor saluran irigasinya sehingga kawasan tersebut sering kurang pasokan airnya," kata Kamituwo Hartatik.Senin,(17/04/2023)


Hartatik melanjutkan dengan adanya rebab pembuatan drainase ini area persawahan warga khususnya wilayah Katerdan semuanya bisa mendapat suplai air yang cukup sehingga diharapkan produktifitas hasil pertanian bisa meningkat.( Zam)