Waspada Cuaca Panas Tidak Biasa, Dinkes Pulpis Ingatkan Masyarakat Tetap Jaga Pola Hidup Sehat. - .

Breaking

Cari Berita

26.4.23

Waspada Cuaca Panas Tidak Biasa, Dinkes Pulpis Ingatkan Masyarakat Tetap Jaga Pola Hidup Sehat.


KLIKAENEWS.COM|PULANG PISAU- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG ) baru - baru ini mengindikasikan cuaca panas tidak biasa di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.


Berdasarkan data yang dihimpun media ini dilapangan, Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng ) menjadi salah satu wilayah di Indonesia  yang mengalami cuaca panas tidak biasa dan bisa dirasakan oleh warga masyarakat yang berdomisili di beberapa daerah antara lain Kabupaten Pulang Pisau.


Menyikapi Masalah tersebut, Kepala Dinas Kesehatan ( Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau dr.Pande Putu Gina saat dihubungi media ini , Rabu 26/4/2023.

mengingatkan kepada masyarakat khususnya warga  Pulpis   agar tetap waspada  dan terus menerapkan pola hidup sehat.

Kepala Dinas Kesehatan ( Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau dr.Pande Putu Gina.


" Efek parah akibat panas berkepanjangan dapat terjadi pada keadaan fisik, seperti keringat berlebih, peningkatan risiko dehidrasi, dan sengatan  panas atau heat stroke" Ungkap dr.Pande.


Selain itu menurut dr.Pande suhu terik juga dapat memiliki efek signifikan pada kesehatan mental diakibatkan Suhu udara yang meningkat secara signifikan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan jantung.


Dan apabila seseorang mengalami dehidrasi serta terpapar panas yang ekstrim maka dapat berpotensi memicu kerusakan pada otak,Hal  tersebut bisa dipastikan juga mempengaruhi perilaku manusia itu sendiri.


Kepala Dinas Kesehatan ( Kadinkes) Kabupaten Pulang Pisau yang akrab disapa dr.Pande ini menghimbau ketika  pada Saat cuaca sangat panas, sebaiknya tetap berada di dalam ruangan yang sejuk atau ber-AC, Jika diharuskan beraktivitas di luar rumah, selalu cek keadaan cuaca sebelum keluar rumah.


"Adapun untuk  menghindari terserang heatstroke antara lain pakai baju  longgar saat cuaca panas, gunakan topi dengan penutup lebar, dan hindari kontak langsung dengan sinar matahari" Ujarnya.


Kemudian gunakan sunblock atau sunscreen minimal ber-SPF 30,usahakan untuk minum air atau buah-buahan lebih banyak dari biasanya untuk mencegah dehidrasi.


"Mengonsumsi minuman kaya elektrolit saat terik matahari ekstrem dan udara pengap, bijaksana saat beraktivitas di luar ruangan,Jika memungkinkan, batalkan segala aktivitas luar ruangan saat cuaca panas ekstrem, ganti jadwal aktivitas menjadi pagi atau sore hari" Tutupnya ( RD)