Manfaatkan Progam P3TGAI 2023,HIPPA Bergema Desa Gegeran Ponorogo Bangun Irigasi Guna Peningkatan Hasil Panen - .

Breaking

Cari Berita

24.5.23

Manfaatkan Progam P3TGAI 2023,HIPPA Bergema Desa Gegeran Ponorogo Bangun Irigasi Guna Peningkatan Hasil Panen


KLIKAENEWS.COM
| PONOROGO -Dalam rangka memenuhi kebutuhan air irigasi demi mendukung ketahanan pangan nasional dan aktivitas perekonomian serta mendorong pemerataan pembangunan.

Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Solo ( BBWS) tahun 2023 ini menyalurkan progam Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) kepada Himpunan Petani Pengguna air (HIPPA) yang tersebar di 157  desa di Kabupaten Ponorogo.

Seperti halnya kelopmpok petani pengguna air (HIPPA) Bergema Desa Gegeran, Kecamatan Sukorejo kabupatèn Ponorogo pada tahun 2023 ini kembali mendapat progam P3TGAI dari BBWS Solo dengan membangun saluran irigasi  di persawahan yang terletak di kalitengah dusun mlancar.


Kepala Desa Gegeran Sugeng,mengatakan  Program P3-TGAI sendiri, bertujuan menyediakan air bagi kawasan pertanian melalui pemeliharaan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi desa khususnya areal persawahan Kalitengah. 
Progam tersebut dilaksanakan berbasis peran serta masyarakat petani   Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) secara swakelola padat karya.


“Jadi Program ini bukan kontraktual, tapi swakelola dengan sistem pengerjaan padat karya oleh masyarakat. Diusulkan, direncanakan sendiri dari masyarakat, dikerjakan, pembelajaan material juga dilakukan sendiri masyarakat dan pengawasan oleh masyarakat itu sendiri dan Kita menyiapkan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)” Kata Kepala Desa Gegeran,Sugeng Rabu (24/05/2023).


Ditempat sama Ketua HIPPA Bergema desa Gegeran,Seni menyampaikan bahwa
kontruksi jaringan irigasi  menggunakan pekerjaan pasangan batu kali atau batu gunung dengan susunan batu muka menggunakan campuran semen dan pasir yang dibentuk sesuai dengan gambar pelaksanaan.Dengan volume panjang 620meter, tinggi 60 cm dan kedalaman pondasi 30 cm dengan anggaran 195 juta rupiah.


Karena menurutnya, dengan di bangunnya saluran air irigasi sepanjang 620 meter, di areal persawahan Kalitengah dusun mlancar, dimana progam ini menyambung progam P3TGAI tahun lalu sehingga petani dapat mengatur debit air yang mengalir pada lahan sawah dan hasil panen dapat meningkat.


"Dalam program ini, utamakan nilai kwalitas pekerjaan menjadi yang utama. Karena, jika hasil pekerjaan baik akan banyak manfaatnya. Dengan satu harapan kedepan,Tahun berikutnya akan memperoleh lagi," ujar Seni yang juga sebagai Sambong


Pemdes Gegeran melalui Kepala Desa Gegeran, mengapresiasi dengan adanya program tersebut lantaran dinilai sangat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat. Pasalnya program P3-TGAI sangat bermakna dan bisa langsung dinikmati oleh masyarakat.


"Dan satu hal, semoga dalam pelaksanaan P3-TGAI 2023 ini, capaian hasil perkerjaan cukup memuaskan, kemudian berjalan lancar dan bisa bermanfaat bagi para petani di wilayah Dusun Mlancar desa Gegeran dan pada umumnya untuk masyarakat banyak,” pungkas Kades Sugeng ( Nung )