Tunjang Sektor Infrastruktur Pertanian Pemdes Banjarsari Bangun Jalan Usaha Tani Dengan Paving Blok Dari BKK 2023 - .

Breaking

Cari Berita

8.6.23

Tunjang Sektor Infrastruktur Pertanian Pemdes Banjarsari Bangun Jalan Usaha Tani Dengan Paving Blok Dari BKK 2023


KLIKAENEWS.COM | Madiun- Dalam kerangka pengembangan wilayah,  Anggaran Dana keuangan dari pemerintah ternyata dapat mengurangi angka kemiskinan di desa sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perdesaan dengan pembangunan infrastruktur perdesaan terlebih pembanguan di sektor pertanian.


Sebagaimana Pemerintah Desa Banjarsari, Kecamatan Madiun, Kabupatèn Madiun dalam mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur wilayah melalui Dana BKK (Bantuan Keuangan Khusus Tahun Anggaran 2023 membangun jalan usaha tani  di wilayah RT 11/RW 08 Dusun Bajang sejauh 167 meter dengan lebar 3 meter dengan paving blok yang menghabiskan anggaran Rp100 juta yang masih dalam pengerjaan.



Menurut Welly Subroto,S.T, Kepala Desa Banjarsari, pembangunan jalan usaha tani di wilayah persawahan Bajang dengan paving blok itu sesuai aspirasi usulan warga dengan kondisi jalan yang memadai, sehingga akses masyarakat menjadi mudah untuk melakukan aktifitas sosial dan ekonomi khususnya peningkatan hasil pertanian. 



"Dibangunnya jalan paving di wilayah RT11/RW 08 yang masih dalam pengerjaan mudah-mudahan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat petani tak lagi terkendala dengan kondisi jalan yang berlubang maupun becek,terlebih bagi para petani untuk mengangkut dan mobilitas hasil pertanian "ungkap Welly,Rabu (8/06/2023).


Welly melanjutkan pembangunan jalan paving blok sebagai alternatif dari jalan cor beton ataupun aspal. Di samping estetikanya,Paving block bisa menyerap air hujan di bagian sisi sehingga mencegah munculnya genangan air di jalan. Di sisi lain, ramah lingkungan,mudah perawatan  dibandingkan aspal dan cor beton. 


Lebih jauh Welly berharap dengan pemerataan infrastruktur di wilayah perdesaaan khususnya Desa Banjarsari dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat khususnya dibidang pertanian ( zam)