PPWI Pulpis Harapkan Instansi Terkait Realisasikan Pembangunan Sesuai Usulan Prioritas Dalam Musrenbang. - .

Breaking

Cari Berita

5.7.23

PPWI Pulpis Harapkan Instansi Terkait Realisasikan Pembangunan Sesuai Usulan Prioritas Dalam Musrenbang.


KLIKAENEWS.COM   -  Pulang Pisau, Pembangunan Sarana dan prasarana di tingkat Desa hingga perkotaan dari tahun ke tahun terus di genjot oleh pemkab pulpis melalui  instansi terkait, hal itu tentu menjadi nilai positif bagi masyarakat yang merasakan langsung asas manfaat dari program yang dilaksanakan. 


Namun, dari sekian banyak usulan yang disampaikan oleh pemerintah  Desa tentunya ada beberapa usulan prioritas  di tingkat desa yang belum terealisasikan hingga saat ini. 


Berdasarkan hasil kunjungan kerja( Kunker) dan konsulidasi Dewan pengurus cabang persatuan pewarta warga Indonesia ( PPWI) Kabupaten pulang pisau selasa  04/07/2023, yang dilaksanakan di 3 ( tiga ) desa antara lain Desa gohong, Mantaren I, dan mantaren II terdapat 2 usulan prioritas di tingkat Desa yang belum terealisasikan antara lain pembangunan jl. singa rontah (cor beton sepanjang 2,3 Km) yang terletak di desa gohong dan pembangunan jl. Muara polder ( aspal sepanjang 500 meter ) yang berlokasi di desa mantaren I kecamatan  kahayan Hilir kabupaten pulang pisau. 


Berdasarkan keterangan dari pemerintah desa setempat usulan pembangunan jalan tersebut selalu masuk dalam pembahasan pada musyawarah rencana pembangunan desa ( musrenbangdes ). 


"Untuk Desa gohong kami berharap agar jl. Singa rontah yang terletak di pinggir sungai Kahayan ini bisa diperhatikan oleh dinas terkait, mengingat sudah 20 tahun kondisi jalan belum ada perbaikan, dan sekitar 75 persen penduduk desa gohong masih berdomisili di sepanjang pesisir sungai Kahayan ini " Ungkap Epansyah Rulhadi selaku kepala desa Gohong. 


Adapun untuk Desa mantaren I melalui sekretaris Desa ( Sekdes) Syamsuri juga menyampaikan  hal serupa yakni permohonan pembangunan jalan muara polder sepanjang 500 meter yang lokasinya juga terletak di pesisir sungai Kahayan. 


Menyikapi permasalahan tersebut ketua PPWI Kabupaten pulang pisau Riduan menyampaikan bahwa usulan dari masing-masing pemdes tersebut akan  segera disampaikan kepada instansi terkait. 


"PPWI sebagai organisasi sosial kontrol selalu berupaya menyerap aspirasi dari akar rumput, kemudian hasilnya akan kita sampaikan kepada pemkab atau instansi terkait" Ungkap Riduan.


Selanjutnya, menurut Riduan dirinya meyakini bahwa pemkab pulang pisau akan berupaya melaksanakan program pembangunan dengan  mengutamakan asas dan manfaat bagi masyarakat, sehingga tidak menutup kemungkinan dari ribuan usulan yang yang masuk dan disampaikan dari pemerintah desa se kabupaten pulang pisau dalam setiap musrenbang ada beberapa usulan yang belum bisa direalisasikan mengingat banyaknya usulan prioritas yang masuk setiap tahunnya. 


"Inilah fungsi kita sebagai sosial kontrol, dimana kita bisa menyampaikan  aspirasi masyarakat kepada pemkab agar bisa memperthatikan kembali usulan prioritas di tingkat desa yang masih belum tersentuh " Pungkasnya. 


Kegiatan silaturahmi dan konsulidasi yang dilaksanakan oleh PPWI tersebut berjalan lancar dan di akhiri dengan  sesi photo bersama.( /Riduan/Baim)