Kunjungan Menteri ATR/BPN Ke Desa Wonorejo Bagikan 17 Sertifikat Redistribusi Tanah - .

Breaking

Cari Berita

3.2.24

Kunjungan Menteri ATR/BPN Ke Desa Wonorejo Bagikan 17 Sertifikat Redistribusi Tanah


KLIKAENEWS.COM
,MADIUN- Kunjungan Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto ke Desa Wonorejo, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun pada hari Rabu (31/1/2024) guna memberikan 17 sertifikat hasil redistribusi tanah kepada masyarakat di Desa Wonorejo, 


Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) yang berasal dari pelepasan kawasan hutan itu merupakan salah satu bentuk hasil Reforma Agraria yang dilaksanakan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) untuk mengakselerasi Program Strategis Nasional Reforma Agraria.


“Kita bersyukur hari ini merealisasikan menyerahkan sertifikat baik sertifikat untuk rumah ataupun perkebunan untuk perekonomian mereka,” ujar Menteri ATR/Kepala BPN. 




Mantan Panglima TNI tersebut menyebutkan masyarakat di telah menempati tanahnya rata-rata hampir 40 tahun, bahkan ada yang sudah turun temurun generasi ketiga. Perasaan bahagia juga terlihat dari Prasetya Sidiq seorang warga Desa Wonorejo. Dirinya mengatakan telah menempati tanahnya hampir 40 tahun, dan bersyukur telah mendapatkan sertifikat sehingga sudah tidak khawatir dengan tanah yang ditempatinya. “Alhamdulillah senang sekali, hampir 40 tahunan belum bersertifikat. Terimakasih pak menteri, Pemkab Madiun semoga semakin sukses dan jaya kedepannya,” jelasnya.


Usai penyerahan di Desa Wonorejo, Menteri bersama rombongan menuju Pendopo Muda Graha, menyerahkan 1.094 Sertifikat Aset Pemkab Madiun terdiri dari 573 bidang dalam bentuk elektronik dan 521 bidang dalam bentuk analog. Selain itu, diserahkan juga 63 sertifikat aset Barang Milik Negara (BMN) terdiri dari 23 bidang berbentuk elektronik dan 40 bidang berbentuk analog. Sertifikat tanah elektronik merupakan bentuk dari transformasi digital serta komitmen Kementerian ATR/BPN dalam menerapkan konsep Digital Melayani (DILAN). Penerapannya dilakukan secara bertahap, mulai dari sertifikasi aset BMN/ BMD, Badan Hukum dan BUMN, rumah ibadah dan tanah-tanah masyarakat pada Kantor Pertanahan yang telah siap menerapkan sertipikat tanah elektronik.


Dalam kunjungannya ini, Menteri ATR/Kepala BPN didampingi beberapa Dirjen, para Staf Khusus dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Plt Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur, Jonahar beserta Kepala Kantor Pertanahan Madiun. Turut hadir Pj Sekda Sodik Heri Purnomo, pimpinan OPD dan Forkopimda.