Apel Gelar Pasukan Ops Aman Suro 2024 Dihadiri PJ.Bupati Madiun - .

Breaking

Cari Berita

6.7.24

Apel Gelar Pasukan Ops Aman Suro 2024 Dihadiri PJ.Bupati Madiun


KLIKAENEWS.COM
,MADIUN- Persiapan menjelang perayaan tahun baru islam atau bulan suro Penjabat (Pj.) Bupati Madiun, Ir. Tontro Pahlawanto, menghadiri apel gelar pasukan Ops Aman Suro 2024 yang digelar di Alun-alun Kota Madiun, Sabtu (6/7). 


Apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Karo Ops. Polda Jawa Timur, Kombes Polisi Puji Santosa, S.H. Turut hadir, Pj. Bupati Madiun, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten/Kota Madiun, serta unsur pemerintahan dan tokoh masyarakat.


Karo Ops Polda Jawa Timur, mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel dan sarana prasarana dalam menghadapi potensi gangguan kamtibmas selama bulan muharram/suro.


“Apel ini dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat khususnya di Madiun Raya, terkait dengan pelaksanaan pengamanan satu suro. Ada beberapa kegiatan yang harus diantisipasi supaya situasi kamtibmas di wilayah Madiun Raya dapat tetap kondusif terutama adanya kegiatan yang pertama dari beberapa perguruan pencak silat,” jelas Karo Ops Polda Jatim.


Bulan Muharram/Suro di Madiun memang identik dengan kegiatan masyarakat dari beberapa perguruan pencak silat seperti Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dengan kegiatan Suroan dan Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda (PSHW-TM) dengan kegiatan Suran Agung. 


Sementara itu, Pj. Bupati Madiun menyampaikan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah, kepolisian, TNI, dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama peringatan bulan suro. 


Ir. Tontro Pahlawanto menegaskan komitmennya untuk mendukung penuh pelaksanaan Ops Aman Suro 2024 guna memastikan situasi keamanan yang kondusif bagi masyarakat Kabupaten Madiun. Apalagi Madiun memang dikenal sebagai 'kandangnya' pesilat, karena banyaknya perguruan silat yang lahir dan mengadakan kegiatan di bulan suro. 


"Kabupaten Madiun memiliki slogan Kampung Pesilat. Mari peringati hari suro dengan kegiatan yang positif. Kita harus terus bersinergi mewujudkan budaya pencak silat di Madiun yang menjadi teladan bagi masyarakat," kata Pj. Bupati Madiun.


Pj. Bupati Madiun juga mengajak seluruh masyarakat Kab. Madiun untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan Ops Aman Suro.


"Kami berharap dan terima kasih pada semua pihak yang ikut berpartisipasi demi suksesnya Operasi Aman Suro”, pungkasnya