Bangun Jalan Rabat Beton Upaya Pemdes Wates Angkat Perekonomian Waga - .

Breaking

Cari Berita

6.4.23

Bangun Jalan Rabat Beton Upaya Pemdes Wates Angkat Perekonomian Waga

Pembangunan jalan rabat beton dukuh Bedog dengan DD 2023 diharapkan mampu angkat ekonomi warga

Klikaenews.com|PonorogoPembangunan Infrastruktur di pedesaan dengan digulirkan Dana Desa (DD) yang diberikan oleh Pemerintah pusat secara otomatis memberikan peluang dan kesempatan bagi Pemerintah Desa untuk membangun wilayahnya masing-masing.

Seperti halnya Pemerintah Desa Wates Kecamatan Slahung, Kabupatèn Ponorogo salah satu pemanfaatan Dana Desa tahun 2023 untuk pembangunan insfarstruktur jalan rabat beton panjang 700 meter lebar 2,5 meter dan ketebalan 12cm berada di lingkungan Dukuh Bedog.

Desa Wates merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo dengan mayoritas penduduknya sebagai petani dan kondisi kultur tanahnya berupa pegunungan.

Suyadi selaku Kepala Desa Wates mengatakan dengan kondisi geografis seperti itu menjadi suatu tantangan bagi Pemerintah Desa Wates. “Kami akan terus berusaha membangun insfrastruktur untuk kepentingan warga, sebab pembangunan insfrastruktur di desa yang memadai dapat mempercepat tumbuhnya perekonomian serta berdampak meningkatnya kesejahteraan masyarakat.” jelas Suyadi,Kamis

Lebih lanjut Suyadi menjelaskan pemilihan jalan rabat beton karena memang wilayah Desa Wates berada di pegunungan, selain itu dengan menggunakan bahan rabat beton usia jalan lebih lama bila dibandingkan menggunakan bahan lainnya. Selain itu dipilihnya lokasi di Dukuh Bedog adalah hasil musyawarah masyarakat, mengingat jalan di Dukuh Bedog adalah akses penghubung tercepat menuju Desa sekitar dan Ibukota Kecamatan.

Masih menurut Suyadi ,sebenarnya ada  4 jalur utama penghubung di Desa Wates, melalui Joso-  Ilo-ilo, Caluk, Dukuh Bukul yang menjadi pintu gerbang menuju Desa Wates namun ketiga jalur tersebut  rawan longsor, jika musim hujan, sedangkan jalan melalui Kambeng medan jalannya sulit tetapi tanahnya stabil tidak gerak dan itu menjadi pilihan lokasi pembangunan perabatan jalan yang menggunakan Dana  Desa tahun 2023 sehingga ekonomi masyarakat Wates kedepannya bisa terangkat dari progam infrastruktur yang saling berkesinambungan tersebut.Peran serta masyarakat sangat diharapkan.

Karena dengan jalan yang bagus maka melancarkan perekonomian masyarakat, kalau jalannya kurang bagus maka perekonomian akan tersendat-sendat,dalam hal ini Pemerintah Desa tidak dapat berjalan sendiri, peran serta masyarakat sangat diharapkan agar pembangunan dapat lebih maksimal sehingga kesejahteraan masyarakat bisa terwujud," tutup Suyadi ( Zm)