Parade Seni Dongkrek Akan Dijadikan Agenda Pariwisata Seni Hiburan Tahunan Kabupatèn Madiun - .

Breaking

Cari Berita

29.8.23

Parade Seni Dongkrek Akan Dijadikan Agenda Pariwisata Seni Hiburan Tahunan Kabupatèn Madiun

Kesenian khas asli Madiun Dongkrek 

KLIKAENEWS.COM
|Madiun-Kesenian dongkrek adalah kesenian khas asli kabupaten Madiun.Guna melestarikan khasanah seni budaya dongkrek Pemkab Madiun melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga menggelar Parade Dongkrek 2023 sekaligus memeriahkan HUT RI ke 78  yang dilaksanakan di Kecamatan Mejayan dengan diikuti perwakilan pelajar dan kecamatan se Kabupaten Madiun,Sabtu 26/08/2023

Hadir Bupati Madiun H.Ahmad Dawami beserta Wakil Bupati Madiun H.Hari Wuryanto,beserta jajaran Forkopimda, menyaksikan parade kesenian tersebut.

Antusias ribuan warga memadati sepanjang jalan protokol Caruban yang dilewati peserta parade Dongkrek yang diadakan pertama kali ini oleh Pemkab Madiun


Bupati berencana menjadikan even seni budaya Parade Dongkrek sebagai agenda wisata hiburan tahunan di Kabupaten Madiun.

“Parade ini rencananya akan dilaksanakan setiap tahun. Untuk melestarikan budaya dokrek, nantinya setiap sekolah harus tampil, sehingga anak didik kita tidak lupa akan budaya dongkrek”, ucap Kaji Mbing, sapaan Bupati Madiun.

Dirinya menambahkan, proses diterimanya dongkrek sebagai kesenian budaya ini cukup panjang. Dahulu dongkrek dikatakan sebagai pengusir setan, namun setelah didesain, bisa diterima masyarakat dan menjadi daya tarik wisata Kabupaten Madiun.


Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Anang Sulistyo mengatakan, event parade dongkrek diikuti sekitar 60 rombongan. “Kami mengawali menggali potensi budaya dongkrek, dengan peserta prioritas anak sekolah untyk membudayakan dongkrek mulai dari usia sekolah. Dongkrek merupakan warisan leluhur yang bisa terus dijadikan budaya lokal mulai dari usia sekolah dasar, menengah dan seterusnya”, ungkapnya.


Dongkrek di Kabupaten Madiun sudah masuk dalam kurikulum di sekolah, sehingga harapannya semakain hari semakin baik dan dapat dikembangkan di 206 desa di Kabupaten Madiun.(red/*)