Maksimalkan Dandes 2023,Pemdes Tanjungrejo Rabat Beton Jalan Poros Ringinputih - .

Breaking

Cari Berita

13.2.23

Maksimalkan Dandes 2023,Pemdes Tanjungrejo Rabat Beton Jalan Poros Ringinputih

Rabat Beton di dusun Ringin putih Rt23-26

AENEWS9.COM| Madiun-Pembangunan infrastruktur desa salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dalam bidang pembangunan. Sasaran utama keuangan desa adalah pembangunan infrastruktur yang berupa sarana dan prasarana.


Upaya Pemerintah Desa Tanjungrejo, kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun dibawah kepemimpinan kepala desa Agus Marmani,SE dalam meningkatkan kemajuan desanya khususnya pemerataan pembangunan infrastruktur menjadi perhatian terus ditingkatkan.

Seperti halnya pembangunan rabat beton jalan poros yang berada di RT 23-26 dan RT 19 Dusun Ringin putih yang dibiayai dari Dana Desa Tahun 2023 menjadi bukti prioritas pembangunan infrastruktur diawal tahun 2023 ini dapat terlaksana sesuai usulan masyarakat.

Jalan poros yang menghubungkan dengan jalan poros kabupaten ini adalah akses utama jalan menuju desa- desa sekitar Desa Tanjungrejo.

Jalan poros desa tersebut sudah lama mengalami kerusakan yang parah, rencana pembangunan dan perbaikan pun sudah lama di usulkan melalui musyawarah desa .Namun akibat pandemi Covid 19 yang sempat melanda negeri ini, prioritas pembangunan jalan poros dusun Ringin putih tersebut menjadi tertunda.

Agus Marmani,S.sos, Kepala Desa Tanjung Rejo kepada wartawan dilokasi kegiatan pelaksanaan pembangunan jalan rabat beton di dusun Ringin putih ini  menggunakan dana desa tahun 2023 tahap pertama dan  juga ada partisipasi dari masyarakat .Rabat beton ini bertujuan untuk meningkatkan pembangunan desa dan kesejahteraan warga di desa Tanjungrejo.
“Sumber dana desa tahap pertama tahun 2023 dan ada sedikit partisipasi dari masyarakat yang digunakan untuk membangun jalan rabat beton di dusun Ringin putih," ungkap Agus.


Kondisi jalan poros di dusun Ringin putih RT19 sebelum di Rabat beton( atas) Kegiatan pengecoran jalan di RT 19 ( bawah)

Agus Marmani melanjutkan, jalan rabat beton ini bertujuan untuk meningkatkan pembangunan desa dan kesejahteraan warga di desa Tanjungrejo khususnya . Dimana dikegiatan pembangunan infrastruktur tersebut juga melibatkan tenaga kerja warga desa setempat. 

"Semua melibatkan masyarakat dalam kegiatan ini sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat mulai dari pekerja ,material, serta pengawasan," terang Kades Agus,Senin (13/202/2023).

Ditempat yang sama Kamituwo Ringin Putih, Gunarto menambahkan bahwa pekerjaan rabat beton di dusun Ringin putih mempunyai dua kegiatan yang pertama di RT 19 dengan volume pekerjaan 250 X3X0,15 dengan anggaran dana desa sebesar Rp.144 juta, dan disisi selatan tepatnya di RT 23-26 dengan volume pekerjaan 225 meter ( sesuai Rab),  lebar 3 meter ketebalan 15cm dengan anggaran Rp.133 juta dan  mendapat tambahan 50 meter dari partisipasi swadaya masyarakat hingga volume dari 225 meter dapat terpenuhi menjadi 280 meter.

"Pekerjaan tersebut ada dua lokasi di RT19 dan RT 23- 26 menggunakan dana desa 2023, serta mendapat tambahan partisipasi swadaya dari masyarakat sepanjang 50 meter.Kami sangat berterima kasih atas partisipasi swadaya masyarakat desa Tanjung Rejo khususnya dusun Ringin putih sehingga volume pekerjaan dapat terpenuhi," ungkap Kamituwo Gunarto,Senin(13/02).


Disisi lain anggota BPD Tanjungrejo bidang koordinator Pembangunan,Parni   mengatakan, dana desa digunakan untuk pembagunan jalan rabat beton sehingga memudahkan akses keluar masuknya warga Kedesa. “Jika akses jalan desa baik, tentu memberikan manfaat yang besar bagi warga sebagai pendukung untuk peningkatan kesejahteraan yang memberi kontribusi untuk kemajuan desa lebih baik,” ucap Parni.( zam)