Rabu Bersahaja Progam Unggulan SMPN 4 Ponorogo - .

Breaking

Cari Berita

3.10.23

Rabu Bersahaja Progam Unggulan SMPN 4 Ponorogo

Winarti,M.Pd, Kepala Sekolah SMPN 4 Ponorogo 


KLIKAENEWS.COM
| PONOROGO -SMPN 4 Ponorogo meluncurkan progam 'Rabu Bersahaja' atau Rabu berbahasa Jawa.Kegiatan satu hari memakai Bahasa Jawa dan berbusana Jawa di sekolah  diterapkan setiap bulan hari Rabu pada Minggu pertama .


Penerapan program di salah satu sekolah unggulan di kota reyog ini mendorong perilaku  untuk lebih memiliki nilai-nilai luhur, terutama untuk anak-anak didik agar tidak kehilangan bahasa ibunya.Apalagi di era Zelenial ini pengguna bahasa daerah sebagai budaya kearifan lokal yang mulai tergerus.


Winarti,M.Pd, Kepala Sekolah SMPN 4 Ponorogo menyampaikan bahwa progam Rabu Bersahaja ini dicanangkan sebagai kegiatan pembentukan karakter anak didiknya dalam rangka penggunaan bahasa Jawa dan tata krama di lingkungan sekolah dilakukan saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran.



"Jadi setiap bulan hari Rabu Minggu Pertama semua Guru,murid,pegawai di lingkungan sekolah sehari wajib berbusana dan berbahasa Jawa,selain itu kami juga mengajari anak - anak adab makan pada jam istirahat pertama untuk makan bersama," terang Winarti,Senin (2/09)



Lebih lanjut, penggunaan bahasa Jawa dan tata krama di lingkungan sekolah dilakukan saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Tidak hanya itu, siswa membiasakan perilaku yang baik sesuai budaya Jawa, seperti menundukkan badan ketika berjalan melewati guru atau orang tua yang ada di sekolah. 


" Pengunaan bahasa Jawa di kegiatan 'Rabu Bersahaja' sebagai aplikatif dari pelestarian budaya lokal, dengan membudayakan dan membiasakan menggunakan bahasa jawa, diharapkan bisa lebih njawani dan bisa lebih menghormati baik dengan orang yang lebih muda ataupun dengan orang yang lebih tua," pungkas Winarti,M.Pd.( zam)