Laksanakan Posbindu Upaya Pemdes Srandil Sehatkan Warga Lansia - .

Breaking

Cari Berita

27.2.24

Laksanakan Posbindu Upaya Pemdes Srandil Sehatkan Warga Lansia

Kades Srandil Suwarno Pamuji,S.H

KLIKAENEWS.COM
,Ponorogo, Sebagai upaya mendeteksi penyakit dini kepada para lansia, Pemerintah Desa Srandil Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo melaksanakan kegiatan Posbindu yang diadakan oleh kader posbindu dengan peserta 87 lansia  yang di gelar balai desa,Senin (26/02/2024)


Melalui Kegiatan yang di biayai dari Dana Desa tersebut pemeriksaan kesehatan melalui Posbindu  bertujuan memberikan perhatian khusus serta mewujudkan warga desa yang sehat, khususnya para lansia.Hadir pada acara tersebut tim medis dari Puskesmas, Kepala Desa, ,ibu Ketua TP PKK Desa Srandil , serta para kader kesehatan setempat. 


Kegiatan rutin ini dilaksanakan 30 hari sekali.Dalam kegiatan tersebut, para lansia mendapat pemeriksaan kesehatan menyeluruh, yang meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan pemeriksaan laborat sederhana seperti pengecekan kadar gula, kadar asam urat, pengukuran tekanan darah, dan parameter kesehatan lainnya. Langkah seperti ini sangat penting untuk mendeteksi dini masalah kesehatan pada lansia .Selain pemeriksaan kesehatan juga dilaksanakan Senam Lansia dan pembagian Makanan Tambahan  bergizi.


Suwarno Pamuji,S.H selaku  Kepala Desa Srandil yang membantu dalam kegiatan Posbindu ini mengatakan bahwa “Tujuan dari Posbindu ini adalah langkah awal dalam mendeteksi Penyakit Tidak Menular (PTM) pada masyarakat sehingga jika terdeteksi adanya penyakit dapat segera ditangani dengan cepat.


"Melalui Kader Posbindu, kami mendekatkan layanan kesehatan kepada kelompok lansia. Serta memberikan pemahaman betapa pentingnya menjaga kesehatan diusia lansia," tutur Suwarno Pamuji


Pelaksanaan posbindu lansia desa standil


Suwarno Pamuji menyebutkan, dengan kegiatan seperti ini, para lansia dapat dilakukan deteksi dini, pemantauan faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) dan tindak lanjut temuan faktor risiko. 


Dirinya berharap,melalui penyerapan salah satu prioritas penggunaan Dana Desa yang salah satunya adalah progam kesehatan masyarakat dapat berjalan optimal 

Melalui kegiatan kesehatan ini, Lansia yang sehat tetap sehat dengan mengoptimalkan fungsi fisik, mental, kognitif dan spiritual, melalui upaya promotif dan preventif, termasuk kegiatan pemberdayaan lansia. Kolaborasi ini menandai komitmen kuat Pemerintah Desa,kader posbindu , puskesmas,dan tokoh masyarakat dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakatnya. 

Dengan upaya kolaboratif tersebut, diharapkan kesejahteraan lansia di Desa Srandil Khususnya dapat terus ditingkatkan.Keberlangsungan kegiatan semacam ini menjadi tonggak penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan  masyarakat desa.

" Pemeriksaan kesehatan rutin seperti ini juga mencerminkan semangat gotong royong dan kepedulian sosial yang harus terus dijaga dalam masyarakat," Pungkasnya.


Pewarta :Dan /Noeng